Melirik Peluang Usaha Paling Laris di Kampung dan Desa Berkembang



Berbicara masalah bisnis atau peluang usaha, biasanya kita tahu kota adalah tempat paling ideal agar bisnis atau usaha yang kita rintis dapat berkembang. Tapi siapa sangka, justru potensi bisnis dari kampung atau desa berkembang tidak kalah potensial.

Hal ini dikarenakan, kompetisi usaha di kota sudah sangat jenuh dan sudah banyak persaingannya, nah tinggal Anda semua mau atau tidak memulai usaha dari kampung yang pasti persaingannya tidak seketat di kota, kan?

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Lewat Media Sosial

Sebelum kita berbicara masalah peluang usaha yang bisa Anda lakukan di kampung atau desa tempat Anda tinggal, ada baiknya Anda lakukan analisis terlebih dahulu apa potensi bisnis dari kampung halaman Anda, berikut tahapannya.

Kenali Kekuatan (Potensi Bisnis) Daerah Anda

Ya, tidak diragukan lagi, Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya akan sumber daya alam, namun, hal ini kadang justru membawa petaka dengan menganggap segala hal yang ada di Indonesia dapat dijadikan bisnis yang potensial.

Dalam merintis sebuah bisnis, spesifikasi itu penting, apalagi jika membawa kearifan lokal daerah setempat, beberapa contoh sukses yang lahir karena tau kekuatan daerahnya misalnya Du'anyam yang membawa anyaman khas NTT, Noesa Soap yang membawa sabun dari rumput laut khas Pulau Nusa Penida, atau Javara yang cakupan bisnisnya sudah se-nusantara tapi diawali dari kampung-kampung pedalaman di Indonesia.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis: Pahami Pasar

Siapa sangka kedua usaha tersebut, walau berasal dari desa pedalaman tapi produknya sudah diekspor ke negara-negara maju seperti Jerman, U.S, Jepang, dll. Hal tersebut dikarenakan mereka sudah mengetahui kekuatan yang dimiliki daerah masing-masing.

Nah, kedua contoh sukses tadi (Du'anyam dan Noesa Soap) merupakan kategori wirausaha sosial atau biasa disebut social business. Kategori usaha ini boleh dibilang sedang menjadi peluang usaha yang laris manis dimulai dari kampung atau desa yang sedang berkembang.

Dengan mengangkat kearifan lokal serta dampak sosial dari bisnis yang dilakukan, pertumbuhan bisins Anda akan jauh lebih cepat karena dibantu oleh peliputan media, endorsement dari orang kota, dan sebagainya.

Walaupun harus diakui, sebelum memulai sebuah wirausaha sosial, ada beberapa pendekatan yang harus dilakukan selain dari pendekatan bisnis.

Mudah-mudahan pada tulisan selanjutnya akan saya bahas bagaimana cara memulai sebuah wirausaha sosial. Bagaimana, sudah tahu kan tren peluang usaha yang sedang laris di kampung atau desa sekarang? Berminat mencoba suatu bisnis sosial di daerah Anda? Yuk diskusi di kolom komentar.

Post a Comment

0 Comments